Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Event / Pengolahan Sampah Plastik sebagai Aksi Nyata Sustainability RUBI

Pengolahan Sampah Plastik sebagai Aksi Nyata Sustainability RUBI

Diunggah 04 July 2023

RUBI Community

Content Creator RUBI

Pengolahan Sampah Plastik sebagai Aksi Nyata Sustainability RUBI

Melengkapi salah satu pilar RUBI Community pada value sustainability, Bersama River Cleanup, telah direalisasikan bentuk nyata dari salah satu pilar RUBI yaitu Sustainability berupa kegiatan pengolahan sampah plastik bersama River Cleanup. Kali ini RUBI Gems menjadi bagian dari perubahan nyata yang berdampak pada kebersihan lingkungan sungai.

Pentingnya Sustainability

Lingkungan dan ekosistem bagi makhluk hidup sedang mengkhawatirkan. Merujuk pada jurnal Marine Pollution Bulletin pada Februari 2023, sampah plastik dari Indonesia telah terdampar sampai Seychelles, Afrika Timur. Sebagian besar plastik sampah ini terdiri dari tutup botol dan barang rumah tangga kecil. 

Bahkan ketika menarik ke belakang permasalahan sampah ini, Indonesia pun sudah memiliki permasalahan polusi sampah dari sungai-sungai kecil. Salah satunya sungai Cikapundung di Bandung. Aksi perubahan pun dimulai oleh salah satu NGO River Cleanup Indonesia yang bekerjasama dengan RUBI Community untuk menunjukan aksi nyata.

River Cleanup merupakan Non Government Organization (NGO) yang berfokus pada pembersihan sampah plastik, terutama anak-anak sungai. Bermula pada tahun 2017 di Belgia dan terus meluas ke berbagai negara sampai berdiri di Indonesia pada tahun 2019. Saat ini telah ada 58 negara yang tergabung di dalamnya dan bertanggung jawab atas 161 sungai yang tersebar di seluruh negara. 

Pengolahan Sampah Plastik dengan Rivers Cleanup

Bermula dari kerjasama dua tahun lalu, RUBI Community telah berkolaborasi dengan River Cleanup Indonesia untuk bisa sama-sama bergerak dalam sustainability. Pada Maret 2022, telah diadakan World Cleanup Day yang memotivasi RUBI Gems untuk menjadi Rivers Warrior, sebutan untuk para peduli lingkungan yang turut bergerak mengurangi polusi sampah. 

Aksi ini terus dipupuk sebagaimana kerjasama bulan September sebelumnya telah menghasilkan 1700 kg sampah plastik yang terkumpul. Berkaca dari seberapa mengkhawatirkannya pengolahan sampah plastik di Indonesia, jumlah total pengumpulan plastik sampah ini pun memberi harapan baru. 

Pada bulan Juni 2023, RUBI Gems kembali menjadi bagian dari aksi mengurangi sampah plastik pada campaign Urban Cleanup. Dengan diikuti oleh 15 RUBI Gems, aktivitas pembersihan sampah ini juga diikuti oleh 180 Rivers Warrior lain yang tergabung didalamnya dan berhasil mengumpulkan total 224,4 kg plastik sampah.

“Miris banget karena Braga adalah tempat rame tapi banyak sampe tapi banyak puntung rokok. Kita ambil satu persatu sama yang lain. Kita ambil lagi sampah jenis kaca dan botol utuh. Sampah yang kita hasilkan ada 224 kg dengan jumlah peserta 180an” Ujar Adel, RUBI Brand Ambassador yang mengikuti Urban Cleanup.

Urban Cleanup merupakan aktivitas pembersihan sampah-sampah di pojok-pojok jalan. Dengan dibagi menjadi beberapa tim untuk dapat membersihkan daerah-daerah di Braga, Bandung. Urban Cleanup bukan hanya membersihkan sungai, melainkan juga daerah sekitar sungai seperti pinggiran jalan.

Lebih dalam Mengetahui tentang Sampah

Aktivitas ini berhasil membuat bantaran sungai jauh lebih bersih dibandingkan sebelumnya yang penuh sampah-sampah kecil yang berpotensi menyumbat. Sebagai bagian dari realisasi RUBI Community atas #smallsteps, kegiatan daur ulang sampah plastik ini diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin yang mampu mengajak lebih banyak pihak untuk perubahan yang lebih besar. 

“Di awal ada sosialisasikan pemilihan sampah, dimana jenis sampah plastik nggak boleh disamakan dengan sampah kaca, besi, puntung rokok. Setelah itu sekitar sejam ngumpulin sampah lalu ditimbang lalu disalurkan ke pengelola sampah dengan daerah yang di afiliasi oleh clean up. Bisa di daur ulang atau barang menjadi berguna lagi.”

Bukan hanya tentang aktivitas terjun langsung di lapangan, seluruh RUBI Gems dan Rivers Warriors juga mendapatkan sosialisasi mengenai dampak polusi sampah. Seperti apa yang terjadi jika sampah plastik dibiarkan menumpuk, situasi darurat sampah di beberapa negara lalu dihadirkan perwakilan River Cleanup dari luar negeri untuk kegiatan di Indonesia yang langsung membicarakan masalah penting ini. 

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Pengolahan Sampah Plastik sebagai Aksi Nyata Sustainability RUBI

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar
10 bulan lalu

insightful

Reply