Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Entertainment / Kembali Menjadi Orang yang Membaca Buku

Kembali Menjadi Orang yang Membaca Buku

Diunggah 21 May 2024

RUBI Community

Content Creator RUBI

Kembali Menjadi Orang yang Membaca Buku

Orang yang suka membaca buku memiliki pandangan dan pengertian emosional yang luas. Ada begitu banyak momen kamu hanyut di situasi yang tidak pernah dialami di dunia nyata, namun terasa familiar dengan tokoh utamanya. 

Lewat membaca buku, kamu dipertemukan dengan satu tokoh besar yang hadir beserta latar belakangnya. Ia memimpin cerita lalu kamu akan berliku dengan dia sepanjang kehidupannya. 

Membaca buku selalu menyenangkan. Namun, bukan berarti membaca buku itu juga menjadi aktivitas yang mudah dilakukan. Apabila saat ini kamu sedang sulit membaca buku karena susah fokus dalam waktu yang lama, maka MinBi akan memberikanmu tips supaya membaca buku menjadi aktivitas yang kembali menyenangkan.

Tulis Motivasi Kenapa Kamu Ingin Membaca Buku

Ambil kertas dan tulis alasan kenapa kamu ingin membaca buku. Lebih baik lagi jika satu buku punya satu alasan. Kertas yang berisikan niat tulusmu ini akan ditempel pada satu per satu buku yang sudah lama terdiam di rak, lalu menjadi alarm bagimu. 

Sejatinya, motivasi yang besar menjadi pengingat untuk terus maju disaat lelah. Sama juga pada buku. Pada setiap judul buku yang memiliki motivasinya masing-masing, kamu akan diingatkan untuk tidak lupa dengan niat besar yang ingin kamu petik di akhir nanti. 

Mulai dari Buku Bacaan yang Pendek

Satu yang terpenting dari orang yang membaca buku adalah memulai. Daripada berlomba untuk menyelesaikan buku dengan tergesa, lebih baik memilih satu bacaan yang pendek namun bermakna. 

Ditengah gaya hidup yang serba cepat, menyelesaikan satu lembar buku bacaan pendek itu menjadi prestasi luar biasa. Kamu melatih diri untuk diam dan fokus sejenak, tidak berlomba dengan siapapun, dan juga tidak didorong oleh siapapun. Ini karena kamu membaca buku untuk dirimu sendiri bukan untuk orang lain. 

Target Satu Hari Satu Halaman

Setelah memiliki satu buku yang ingin kamu baca, selanjutnya adalah target kecil. Coba baca buku satu hari satu halaman. Disini kamu sedang menumbuhkan konsistensi dan komitmen untuk kembali menjadi orang yang membaca buku. 

Sesuaikan aktivitas membaca bukumu menjadi kegiatan yang tidak mengganggu jadwal lain. Target satu hari satu halaman adalah jumlah yang realistis untuk dimulai. Maka, biasakan diri untuk menyediakan waktu lalu berfokus pada satu halaman tanpa distraksi. 

Satu lembar per hari bisa menjadi enam lembar seminggu. Satu lembar per hari bisa menjadi 30 lembar dalam sebulan. Hasil yang besar memang dimulai dari kebiasaan kecil. Pelan-pelan kamu akan memetik hasilnya dengan proses yang terasa menyenangkan dan tetap berkesan. 

RUBI Gems, buku menyajikan berbagai genre dengan alur cerita yang membuatmu memiliki sensitivitas emosional lebih baik.

Kamu akan bertemu dengan banyak sudut pandang yang meliuk. Memposisikan diri ditengah krisis yang tidak pernah dihadapi di kehidupan nyata, namun terasa familiar jika kamu menjadi dia. 

Buku tidak pernah menjadi ketertarikan yang membosankan, namun kehidupan yang serba cepat sering membuat buku menjadi  aktivitas yang terasa berjalan lama sekali. Begitu sayang meninggalkan buku karena konsumsi serba cepat yang sekarang terjadi. Oleh karena itu, MinBi ingin memotivasi kamu untuk kembali membaca buku lewat sederet tips diatas. 

RUBI Gems apakah kamu siap kembali membaca buku? Tulis buku yang ingin kamu baca di kolom komentar!

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Kembali Menjadi Orang yang Membaca Buku

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar

Atomic habits by james clear and feel free productivity by Ali Abdaal ✨

Reply