Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Empowerment / Cara Membangun Personal Branding Bareng Kak Amel di RUBI Course!

Cara Membangun Personal Branding Bareng Kak Amel di RUBI Course!

Diunggah 20 September 2023

RUBI Community

Content Creator RUBI

Cara Membangun Personal Branding Bareng Kak Amel di RUBI Course!

Cara Membangun Personal Branding Bareng Kak Amel di RUBI Course!

RUBI Gems, kamu pasti sering punya banyak pertanyaan tentang personal branding. Sering mendengar personal branding sebagai cara yang perlu dibangun ketika berhadapan dengan social media, tapi bingung gimana cara membangun personal brandingnya?

Yes, personal branding memang sangat penting untuk membangun kepercayaan orang lain terhadap kita. Baik di dunia pekerjaan maupun dunia content creator yang sedang kita dalami. Kabar baiknya, personal branding bisa dibangun dengan beberapa cara yang disengaja. Artinya, belum terlambat untuk menciptakan personal branding dengan mengikuti beberapa caranya.

Apa sih itu Personal Branding?

Semua pertanyaan tentang personal branding akan dijawab oleh Kak Amelia selaku speaker RUBI Course yang telah berkecimpung selama 4 tahun sebagai Flight Attendant dan pengalaman Kak Amelia telah dibagikan untuk menjawab semua rasa penasaran kamu.

Personal Branding adalah cara kita dalam mempromosikan diri, membuat diri kita mempunyai ciri yang khas untuk membuat orang lain familiar. Melalui perilaku, ucapan, dan tulisan, diri kita seperti disimbolkan oleh satu titik yang membuat orang lain ingat terhadap kita. 

Makna “familiar” dilihat dari seberapa jauh value diri seseorang dalam menginspirasi orang lain. Kamu bisa menyukai suatu hal dan menciptakan pengalaman, hobi, dan konten yang bisa membuatmu terkoneksi dengan lebih banyak orang. 

Satu yang menjadi perhatian, personal branding bukanlah hal yang bisa terjadi dalam satu malam. Untuk bisa dikenal dan hadir sebagai pribadi yang unik dan autentik, diperlukan strategi yang matang. 

Gimana Cara Membangun Personal Branding?

Memiliki personal branding bisa membuatmu lebih menonjol dibandingkan orang lain. Dengan keunikan yang hanya diri kita punyai, setiap orang yang berinteraksi dengan kamu dapat lebih mudah mengingatmu.

Belum terlambat untuk diingat sebagai pribadi yang menginspirasi. Jawaban dari pertanyaan tentang personal branding akan dijawab lewat 6 cara membangun personal branding yang membantumu lebih mengenal diri sendiri. Yuk, intip!

Mengenal Diri

Cara membangun personal branding yang pertama adalah kamu perlu tahu ingin menjadi apa dan seperti apa. Kenali diri. Personal branding itu bukan sesuatu yang tidak ada. Melainkan keunikan yang ada di diri kita dan dengan sengaja dikomunikasikan.

Salah satu cara untuk mengenali diri adalah dengan menulis kelebihan diri melalui listing. Mengetahui part-part mana yang bisa ditonjolkan supaya orang lain melihat diri kita.

Apabila kamu belum mengenali kelebihan diri, kamu bisa mendokumentasikan perjalanan menemukan kelebihan lewat journaling. Menulis hal apa yang kamu sukai dan menggaris bawahi titik yang menambah sekaligus merubah sudut pandang kamu. 

Fokus pada Bidang yang Ingin Digeluti. 

Dimana kamu ingin berkontribusi? Dari mana asal inspirasi kamu? Apakah kamu ingin menginspirasi sebagaimana kamu terinspirasi?

Kamu pun perlu menentukan fokus bidang tempat kamu membangun personal branding. Baik itu bidang parenting, beauty, entertainment, empowerment, sustainability, education, dsb.

Dibentuk dari Riwayat Hidup

Personal branding tidak bisa dilakukan dengan menyontek orang lain. Ini karena personal branding terbentuk dari pengalaman hidup masing-masing orang yang tentunya berbeda juga. 

Kelekatan masa lalu dan harapan masa depan yang kamu alami, justru bisa menjadi kunci personal branding yang membuat kamu semakin dipercaya untuk hadir sebagai simbol yang mewakili suatu bidang.

Kualitas Diri

Kamu bisa membentuk kualitas diri melalui cara berpikir dan kebiasaan yang dimiliki. Satu kunci utama untuk bisa mendorong kualitas diri, lakukan dan percaya apa yang menurut kamu benar tanpa merugikan suatu individu atau komunitas di sekitarmu. 

Pupuk kualitas diri dan berikan afirmasi positif setiap harinya. Bahwa kamu telah melakukan hal yang setara antara hati dan cara berpikirmu. Bahwa kamu telah membangun kebiasaan baru yang berakar dari tujuan personal branding mu.

Personal Value

Kali ini cara membangun personal branding berkaitan dengan usaha kita untuk terus dispilin, konsisten dan prinsip untuk menghargai sesama manusia. 

Dalam membangun suatu personal branding, tentukan juga hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Misalnya, dalam membangun suatu citra di social media kamu memiliki prinsip untuk tidak menyebarkan hate comment. Ini merupakan personal value yang harus dimiliki karena dengan begitu maka semua yang kita lakukan tetap berada on track.

Menjadi Unik

Kata unik tidak bisa dipisahkan dari personal branding. Semakin unik diri kamu semakin menonjol juga kamu berada di kerumunan. 

Kabar gembiranya, setiap individu pasti punya keunikan. Kuncinya adalah mengenal diri secara mendalam. 

Perjalanan Manner Menuju Personal Branding

Setelah mengetahui cara membangun personal branding, selanjutnya ada manner. Manner adalah cara bersikap atau bertindak di depan umum. Cara berperilaku yang benar di masyarakat terhadap orang lain. 

Nah, manner ini sendiri ada banyak sekali jenisnya. Khusus pada pembahasan hari ini ada tiga manner yang bisa membantumu meningkatkan personal branding di social media, terutama sebagai content creators.

Sitting Manner

Hal sederhana seperti duduk, juga perlu diperhatikan lho. Hal ini penting karena kamu sedang membangun kepercayaan untuk banyak orang. Selain itu, dengan menerapkan manner kamu juga bisa terkoneksi dengan lebih banyak orang. 

Social Manner

Cara bersikap yang satu ini berkaitan dengan segala pertemuan offline yang ada di kegiatanmu. Pastikan untuk tersenyum, mendengarkan dan mengingat nama orang dihadapanmu, dan hadir sepenuhnya disana dengan menatap lawan bicaramu.

Socmed Manner 

Bagi para content creator, selalu pastikan untuk berkomunikasi sesuai aturan bersosial media. Komunikasi yang menghargai, tidak menyinggung SARA, menjiplak atau apalagi hate speech.

Manner bisa diterapkan sambil terus mengasah hards skills dan soft skills yang kita punya dengan konsisten. Secara kontinyu, dengan timing yang pas, potensimu bisa digali lalu dari situ lah personal branding kamu terbentuk.  

RUBI Gems, persepsi orang lain dipengaruhi oleh apa yang kita ucapkan dan lakukan. Hadirlah sebagai diri yang terinspirasi dan menginspirasi orang lain. 

Komunikasikan value diri kita melalui perbuatan, ucapan dan tulisan. Lalu maksimalkan lewat banyak cara, salah satunya lewat komunitas RUBI Community. 

RUBI Gems, pertanyaan tentang personal branding apakah menjawab semuanya? kamu apakah udah menerapkan cara membangun personal branding di media sosial kamu? Yuk komen di bawah pertanyaanmu yang lainnya!

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Cara Membangun Personal Branding Bareng Kak Amel di RUBI Course!

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar
8 bulan lalu

Keren ilmunya...terimakasih minbi dan kak amel... sukses selalu

Reply