Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Mental Health / Sudahkah kita mengenal diri sendiri?

Sudahkah kita mengenal diri sendiri?

Diunggah 10 October 2022

RUBI

Content Creator RUBI

Sudahkah kita mengenal diri sendiri?

“Aku juga bingung aku tu maunya apa. Terserah deh, aku ngikut aja”

Jika masih sering mengalami kebingungan ini, bisa jadi kita perlu belajar lebih mengenali diri sendiri. Yuk kita coba langkah-langkah berikut ini, RUBI Gems~

Luangkan waktu menyelami diri

Diawali dengan hal-hal sederhana terkait apa yang kita suka dan tidak kita suka. Coba pikirkan makanan kesukaan, film kesukaan, dan kemudian kita bisa menyelam lebih jauh. Hal apa saja yang membuat kita bahagia? Apa tujuan hidup kita? Cobalah tuliskan di kertas atau notes supaya kamu bisa lebih mudah melihatnya.

Apa saja sih kelebihanku?

Jika harus membuat daftar kelebihan dan kekurangan, kira-kira mana yang lebih banyak ya RUBI Gems? Luangkanlah waktu khusus untuk menganalisa mengenai diri dan menuliskannya. Kepo tentang crush aja bisa, masa tentang diri sendiri sulit, hihi. Coba juga mengingat, dalam hal apa orang seringkali meminta bantuanmu? Bisa jadi mereka menganggapmu baik dalam melakukannya.

Bagi yang masih merasa kesulitan mengenali kelebihan dan potensi diri, mungkin bisa dengan coba bertanya kepada orang-orang di sekitarmu. Apa yang menjadi kelebihanmu menurut mereka? Ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi juga ya, RUBI Gems!

Bisakah kita menyikapi kelemahan dalam diri?

Selain meningkatkan kelebihan diri, memahami cara menyikapi kelemahan dalam diri tidak kalah penting. Contohnya, dengan menyadari bahwa kita memiliki ingatan jangka pendek, kita bisa berusaha mencatat berbagai hal supaya tidak terlupa. Bisa dengan menggunakan aplikasi di smartphone ataupun membawa buku kecil di saku. Dengan menyadari kita lebih mudah emosi ketika merasa lapar, kita akan berusaha disiplin terkait waktu makan. Dengan begitu, kelemahan kita tidak akan menjadi bumerang saat berinteraksi dengan orang lain.

Pahami juga, seberapa kuat fisik kita?

Betapapun ambisius nya kita, fisik kita memiliki batasan tersendiri. Kapan kita merasa lelah? Apakah kita bisa tetap fokus jika belum sarapan? Dengan memahami hal ini maka kita bisa memberikan perhatian dan memenuhi hak-hak tubuh yang sudah berjuang terus hidup sampai saat ini

Apa saja kebutuhan kita?

Dengan mengenali kebutuhan kita, kita semakin bisa membedakan apa yang penting dan mana yang kurang penting bagi diri kita. Tidak lagi mudah terpengaruh perkataan orang lain atau sekedar mengikuti trend. Misalnya kita melihat teman-teman kita memiliki pacar, padahal kita memang ingin fokus pada pendidikan sehingga tidak membutuhkannya. Semakin berkurang juga kegalauan kita hanya karena membandingkan diri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Bukankah kebutuhan kita memang berbeda?

Nilai apa yang kita anggap penting?

Prinsip dasar apa yang mendasari berbagai tindakan kita? Apa yang akan membuat hidupmu lebih bermakna? Nilai ini juga akan menentukan berbagai pilihan yang kamu ambil dalam hidup, termasuk cara mengatasi konflik. Nilai ini perlu kamu pegang teguh dan menjadi pertimbangan utama terhadap penolakan maupun penerimaan yang kamu lakukan.

Hal yang paling penting dalam mengenali diri adalah kita berusaha jujur dan menerima. Apapun kelebihan dan kekurangan kita, akui dan terimalah. Meskipun ada hal-hal buruk dalam diri kita yang terasa menyebalkan, akui dan terima lah dulu. Baru kemudian kita bisa menentukan langkah selanjutnya untuk menjadi lebih baik. 

Jika kamu masih merasa kesulitan mengenali diri, silahkan coba konseling gratis bersama psikolog di RUBI Safe Space, RUBI Gems! Konseling gratis ini sudah bisa diakses mulai 11 Oktober di website RUBI loh. Remember that everyone has their own way to shine. Selamat mencoba semakin mengenal diri sendiri, RUBI Gems! 

 

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Sudahkah kita mengenal diri sendiri?

Beri Komentar

Komentar

106 Komentar

Thanks Minbii, bisa dipraktekkan biar lebih kenal sama diri sendiri ❤️

Reply

thanks a lot, minBi! jujur sulit banget sih aku nentuin kelebihanku sendiri🥲

Reply

Thanks a lot Minbi😟🤍

Reply

thank you MinBi! <3

Reply

huhu iya nih masih sering bingung sama potensi diri sendiri, makasih artikelnya bermanfaat Minbi🥺❣️

Reply