Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Mental Health / Mengatasi Overthinking dengan Mindfulness

Mengatasi Overthinking dengan Mindfulness

Diunggah 14 June 2023

RUBI

Content Creator RUBI

Mengatasi Overthinking dengan Mindfulness

Overthinking adalah pikiran yang penuh dengan masa lalu dan masa depan. Kamu memikirkan sesuatu secara terus menerus tanpa ada batasnya lalu secara perlahan membuat kamu cemas dan stres. 

Overthinking tentunya berbeda dengan berimajinasi karena pikiran yang datang ketika overthinking adalah hal yang tidak kamu pilih untuk dipikirkan. Namun, setiap problematika tentu punya solusi dan disini Minbi ingin share ke kamu cara menghilangkan overthinking dengan mengenal apa itu arti mindfulness.

Apa itu Mindfulness?

Mindfulness merupakan situasi dimana pikiran berada pada saat ini. Kamu memiliki kesadaran penuh dan menerima apa yang sedang kamu lakukan saat ini. Misalnya, ketika kamu makan seluruh pikiranmu tertuju pada rasa manis dan asin yang muncul di indera perasamu. Bukan memikirkan cara menyelesaikan pekerjaanmu.

Selama ini otak terus berjalan untuk berpikir, menganalisis, dan mencari tahu. Tanpa ditahan, otak akan melayang dan mencari hal-hal baru untuk dipikirkan. Sayangnya, pikiran negatif adalah yang paling sering datang ketika overthinking terjadi. 

Melalui mindfulness kamu bisa mengobrol dengan pikiran dan diri sendiri karena otak secara sengaja dikontrol. Kamu dibantu untuk berfokus pada satu hal, yaitu berfokus pada masa kini tempat realita sebenarnya sedang berjalan. Bahwa segala overthinking yang kamu rasakan sebenarnya tidak nyata. 

Mengatasi Overthinking dengan Mindfulness

Manfaat mindfulness ini menjadi penting, karena dengan berfokus pada saat ini maka kamu bisa memperoleh ketenangan. Kamu pun terhubung dengan diri kamu sekarang dan memiliki kesempatan untuk merasakan emosi di setiap momen dalam hidup kamu.

1. Memberikan Kesempatan untuk Menikmati Hidup

Mindfulness artinya kesadaran penuh, yaitu secara sadar bisa menikmati setiap momen yang terjadi. Dengan tertuju pada apa yang kamu rasakan, kamu pun dapat melatih fokus dan tidak mudah terjebak dengan kekhawatiran, rasa cemas dan stres akan masa lalu maupun masa depan.

Manfaat ini bukan hanya berdampak pada diri kamu, melainkan juga untuk orang lain. Apabila kamu menikmati momen dan tidak memikirkan hal diluar itu, maka pada saat yang sama kamu sedang membangun hubungan berkualitas dengan orang lain. 

2. Mindfulness untuk Kesehatan Mental

Manfaat mindfulness yang dapat mengatasi stress dan cemas telah dijelaskan oleh psikoterapis. Hal ini karena mindfulness dapat dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya melalui proses meditasi.

Dengan meditasi, ada hormon endorfin yang ditingkatkan. Sehingga pikiran-pikiran negatif yang sering datang kala kamu overthinking dapat berkurang. Bukan hanya itu, hormon endorfin juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan lebih baik. 

3. Menyehatkan Fisik

Bukan hanya pada kondisi psikis, namun mindfulness juga bisa mengatasi gangguan pencernaan dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Sebagaimana rasa cemas dan stres berkurang, imun tubuh pun bisa meningkat dan risiko penyakit memasuki tubuh menjadi berkurang juga. 

Langkah Mindfulness untuk Mengatasi Overthinking

Secara sederhana berikut ini adalah langkah mindfulness yang bisa kamu coba di sela-sela aktivitas kamu.

  • Pertama, cobalah melatih pernafasan dengan teknik 4-7-8 yaitu tarik nafas selama 4 detik, tahan selama 7 detik dan buang nafas perlahan dalam 8 detik. 
  • Kedua, lakukan meditasi berjalan. Saat ini, cobalah untuk berhenti berpikir dan pusatkan perhatian pada tubuhmu. Dengan mengikuti pernyataan berikut, kamu bisa berfokus pada lima indera tubuhmu. Sebutkan lima hal yang dapat kamu lihat. Jelaskan 4 hal yang kamu rasakan ketika melihatnya. Pilih 3 hal yang kamu dengar. Rasakan 2 hal yang bisa kamu hirup harumnya dan terakhir, rasakan 1 hal yang bisa kamu cicipi. Melalui latihan indera ini kamu melatih diri untuk memusatkan perhatian pada tubuhmu dan terus memindahkan perhatian pada bagian tubuh yang lain.
  • Ketiga, rasakan emosi. Pikirkan berbagai emosi yang dulu sempat tertinggal pada waktu berbeda. Bagaimana rasa emosi itu secara fisik? Dan apa yang mendorong munculnya emosi itu?

Perasaan dan emosi tidak akan hilang hanya karena kamu menahannya. Ditengah hari yang begitu hectic, kamu merasakan bahwa dunia berjalan begitu cepat. Kamu melihat sekeliling dan merasakan ada emosi yang tertinggal di belakang. Akhirnya, kamu kekurangan waktu untuk merasakan emosi dan merasa ada penyesalan, rasa cemas dan khawatir akan masa depan. 

Namun, bukankah kamu ingin beristirahat sejenak? Ada perasaan lelah karena pikiran yang melanglang jauh tanpa kita minta terus berputar memberatkan seisi kepala? Kalau itu yang kamu rasakan, maka Mindfulness adalah jawaban yang kamu cari. 

Rasakanlah emosi kamu di setiap momen yang ada. Pusatkan perhatian pada saat ini dan mulailah menarik nafas secara sadar apabila pikiran-pikiran negatifmu kembali muncul. Kalau RUBI Gems, biasanya apa sih cara yang kamu lakukan untuk mengatasi overthinking?

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Mengatasi Overthinking dengan Mindfulness

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar

Thank you Minbi, besar harapanku join community ini.. 💝

Reply