Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Entertainment / Love Languages adalah Cara Mengungkapkan Cinta

Love Languages adalah Cara Mengungkapkan Cinta

Diunggah 09 June 2023

RUBI

Content Creator RUBI

Love Languages adalah Cara Mengungkapkan Cinta

Love languages adalah bahasa cinta atau cara seseorang untuk mengungkapkan rasa cintanya baik dalam bentuk tindakan, perilaku, maupun sikap yang membuat seseorang itu merasa hidup dan dihargai.

Salah satu bahasa cinta yang dibahas kali ini adalah lima jenis love language yang dicetuskan oleh Gary Chapman dalam buku “The Five Love Languages: The Secret to Love that Lasts”

Apa itu Love Languages?

Love languages adalah cara-cara menunjukan kasih sayang yang dilakukan seseorang baik dalam hubungan pertemanan, keluarga, maupun hubungan bersama partner. Memahami love languages adalah menerima bahwa setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Termasuk juga menerima jika bahasa cinta kita berbeda dengan bahasa cinta orang-orang disekitar.

Ada lima love languages yang menunjukan cara seseorang mencintai. Kelima love languages ini bisa berlaku dua arah, yaitu cara orang lain menyatakan kasih sayang atau cara kamu ingin mendapatkan kasih sayang. Yuk, temukan apa  love languages kamu dari kelima tipe dibawah ini.

1. Love Languages Word of Affirmation.

Apa itu Word of Affirmation? Adalah cara menyatakan cinta melalui kata-kata. Misalnya, seseorang cenderung mengatakan “I love you” pada  akhir percakapan. Apabila mendengar seseorang mengatakan hal-hal baik membuat kamu nyaman dan damai, itu artinya kamu ingin dicintai dengan cara words of affirmation

Pemberian kata-kata ini bukan tanpa sebab, tentunya ada alasan yang membuat seseorang mengatakan hal tersebut. Apabila pasangan kamu menyukai kata-kata yang lembut, sampaikan juga alasan kamu mengatakan “I love you”. Kata-kata yang disampaikan secara tulus dengan repetisi dan nada lembut membuat seseorang merasa disayangi. 

Selain kata cinta dalam hubungan romantis, kamu juga bisa mengatakan kalimat seperti “terima kasih”, atau “nggak papa buat istirahat”. Hal-hal yang menjamin bahwa seseorang tidak merasa sendirian dan berhak untuk merasakan setiap emosi, baik emosi sedih, senang, marah ataupun bahagia.

2. Physical Touch.

Physical Touch artinya bahasa cinta yang diungkapkan dengan menyentuh langsung, seperti memeluk atau menggenggam tangan. Bagi sebagian orang, sentuhan yang diberikan bisa meningkatkan rasa percaya. Misalnya, apabila teman kamu sedang bercerita tentang harinya yang berat maka sebuah pelukan bisa membantunya untuk merasa lebih tenang. 

Seseorang yang memiliki love language physical touch memaknai sentuhan fisik lebih berarti kuat daripada kata-kata yang diucapkan. Apabila pasangan kamu menyukai apa itu physical touch love language, maka seringlah bertemu dan memberinya pelukan.

3. Quality Time

Love language quality time artinya perhatian penuh. Seseorang yang menyukai quality time ingin menghabiskan waktu secara berkualitas tanpa ada gangguan gadget maupun pekerjaan. Ini mengapa kamu harus memperhatikan dan fokus pada aktivitas yang sudah direncanakan dan dihabiskan bersama.

Ada banyak ide untuk bisa memenuhi love language quality time. Misalnya, ngobrolin tentang hari yang panjang, atau bepergian sehari penuh untuk belanja dan pergi ke cafe baru untuk icip menu baru. 

4. Act of Service

Act of service adalah bahasa cinta dengan memberikan perlakuan disengaja untuk meringankan beban atau tanggung jawab pasangan. Seseorang memperhatikan dan memahami kebutuhan orang disekitarnya lalu mengambil inisiatif untuk membantu. Misalnya, ketika pasanganmu sakit dan memiliki jadwal padat, maka kamu bisa berinisiatif untuk membelikan obat di tengah waktu luang kamu.

Inisiatif dan merencanakan sangat berkaitan erat pada love language act of service. Untuk bisa memberikan ini, kamu bisa menanyakan apa yang dia butuhkan atau sesederhana mencatat apa yang disukai dan tidak disukai. Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan, rencanakanlah bagaimana kamu akan melakukannya. 

5. Receiving Gifts

Apa itu love language receiving gifts? Bagi seseorang yang memiliki love language receiving gifts ini, sebuah hadiah adalah perhatian berarti. Dibandingkan kata-kata, hadiah merupakan sebuah bukti bahwa seseorang memikirkan kita dan mempertimbangkan apa yang kita suka. Seseorang menyisihkan waktu luang dan memberi tindakan nyata yang tidak pernah kita kira. 

Jika pasanganmu adalah seseorang dengan love language receiving gifts, maka kamu bisa memberinya hadiah yang dapat berguna tanpa dia sangka. Misalnya, memberikan kejutan ditengah keramaian atau sesederhana mengirimkannya minuman favorit sebagai apresiasi dari kerja kerasnya hari itu. 

Jangan lupa untuk memberi tahu seseorang alasan mengapa kita mengirimkannya hadiah. Ini karena love language receiving gifts cenderung merasa dicintai apabila diberikan hadiah dan kejutan yang bermakna. 

Itu dia RUBI Gems, lima love languages menurut Gary Chapman yang menggambarkan cara seseorang menunjukan cinta. Kalau kamu, apa nih love languages kamu? Kasih tahu MinBi di kolom komentar yaaa~

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Love Languages adalah Cara Mengungkapkan Cinta

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.