Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Mental Health / Tips Memilih Sahabat yang Membantumu Bertumbuh

Tips Memilih Sahabat yang Membantumu Bertumbuh

Diunggah 24 August 2022

RUBI

Content Creator RUBI

Tips Memilih Sahabat yang Membantumu Bertumbuh

Persahabatan sejati umumnya memiliki dampak positif pada kesehatan mental individu. – Dr Samriddhi Khatri, psikolog klinis – 

Mungkin kita juga menyadari, seiring bertambahnya usia maka sahabat kita semakin berkurang jumlahnya. Kalau begitu, apa saja sih yang perlu kita perhatikan dalam memilih sahabat?

  • Menjadi tempat bersandar dan memotivasi

Kita semua membutuhkan setidaknya satu teman dekat untuk merayakan pencapaian, kegembiraan, dan juga berbagi kesulitan yang kita alami. Sosok yang menawarkan telinga untuk mendengarkan dan membantu memberikan arahan positif dalam berbagai situasi. Pilihlah dia yang membuat kita merasa nyaman menjadi diri sendiri, termasuk mengungkapkan berbagai emosi dalam diri. 

  • Membantu mengendalikan diri

Saling menebarkan “racun” menjadi hal yang lumrah dalam persahabatan, apalagi di tengah maraknya belanja melalui e-commerce. Tapi kamu bisa memilih sahabat yang dapat memahami situasi mu dan mengingatkan untuk mengatur skala prioritas. Ketika dia tau bahwa kamu sedang menabung untuk laptop, dia akan membantumu menahan diri dari godaan kuliner mahal atau diskon untuk barang lain yang tidak penting.

  • Ingin terus belajar

Sahabat dengan wawasan yang luas seringkali menarik diajak berbincang. Dia juga bisa merekomendasikan buku atau media belajar lain yang bagus atau berbagi informasi yang bermanfaat. Termasuk drama, konten, atau film yang menginspirasi. Mengikuti webinar bersama pun tak kalah seru loh

  • Memiliki nilai yang sama

Kita boleh berteman dengan siapa saja, dengan beragam latar belakang dan kepercayaan. Namun memiliki sahabat yang menganut nilai-nilai yang sama akan mencegah goyahnya keyakinan atau pengaruh negatif dari orang lain.

  • Membawa keseimbangan

Memiliki sahabat yang memiliki perbedaan bakat, keterampilan, dan kemampuan membuat kita bisa saling melengkapi kelemahan masing-masing. We’re stronger together!

  • Hobi yang sama

Sahabat bisa meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stress. Misalnya dengan menikmati jalan-jalan dan aktivitas bersama, baik itu olahraga, seni, musik, film, atau makanan. Momen bersama sahabat ini akan melepaskan hormon bahagia di otak.

Yang terpenting adalah, kita sendiri pun berusaha menjadi sosok sahabat yang baik dan membantu sahabat kita terus bertumbuh. Saling merangkul dan menghadirkan semangat di saat-saat terberat. Best friends become our chosen family!

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Tips Memilih Sahabat yang Membantumu Bertumbuh

Beri Komentar

Komentar

138 Komentar

Benarrr! Temen yang satu pemikiran dan selalu support emang the best! Pokonya harus cut off temen toxic mereka bikin kita ga nyaman banget!

Reply

Sangat menarik sekali topik ini, alhamdulillah aku juga punya teman yang bisa mensupport dan jadi rumah buatku saat ini. Satu hal yang paling aku senengin adalah pada saat kita menceritakan kebahagiaan kita, bagaimana mereka merespon dengan excited adalah kebahagiaan yang menyenangkan. Pokoknya kita wajib punya temen yang saling mendukung dalam kebaikan dan perkembangan diri kita kearah yang lebih baik.

Reply

bener bangett setuju! hindari sahabat toxic yang g support dan malah menjatuhkan kita Sometimes we need support dari orang disekitar kita

Reply

Amnda febri emlya

[email protected]
1 tahun lalu

Right!!!! Kita juga butuh support sistem apalagi mengenai sahabatt itu penting si untuk mental kita.

Reply

Teman yang sekarang itu udah serasa seleksi alam, bisa dihitung dengan jari :)) Thanks for sharing Minbi ☺️

Reply

It's okay, yang penting bawa pengaruh baikkk 🤗❤️ We deserve some supportive friends 😘