Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Tips and Trick / Tips Membuat Planning yang Berhasil di Tahun 2023

Tips Membuat Planning yang Berhasil di Tahun 2023

Diunggah 28 December 2022

RUBI

Content Creator RUBI

Tips Membuat Planning yang Berhasil di Tahun 2023

If you do it out of the sense of self-hate or remorse or a strong passion at that moment, it doesn’t usually last long, but if you build up a process where you’re thinking harder about what’s good for you, you’re changing the structure of your life, you’re bringing people into your life who will reinforce that resolution, then I think you have a fighting chance.” 

Dr Michael Bennett, a psychiatrist and co-author of two self-help books.

Tahun 2023 sudah tinggal menghitung hari, apakah kamu sudah membuat planning untuk tahun 2023, RUBI Gems? Kamu bisa coba beberapa tips berikut ini supaya rencanamu lebih terukur dan memiliki peluang lebih besar untuk tercapai.

1. Tuliskan secara spesifik, buat target bulanan
Cobalah buat target bulanan yang kamu inginkan. Misalnya dengan membuat minimal satu konten setiap minggu di satu platform di bulan Januari. Sesuaikan dengan kemampuanmu dan berusahalah untuk tetap konsisten. Untuk manifesting, kamu juga bisa mendetailkan brand apa yang kamu targetkan. Coba foto diri atau tuliskan keadaanmu setiap awal bulan, lalu lakukan evaluasi secara rutin ya!

2. SMART goals: Specific. Measurable. Achievable. Realistic. Timely.
Semakin spesifik goalmu, akan semakin mudah mencapainya. Menetapkan target yang dapat diukur juga bisa meningkatkan motivasimu. Pastikan tujuanmu mungkin dicapai supaya kamu tidak menyerah ditengah jalan. Pastikan tujuanmu realistis. Kamu harus benar-benar yakin kamu bisa mewujudkannya, no doubt on yourself. Berikan batas waktu untuk tujuan tersebut tercapai.

3. Jujur kepada diri sendiri
Harus mau mengevaluasi diri dan berusaha objektif. Mungkin memang banyak dialog berat yang terjadi dalam diri ini, but it’s totally okay. Lebih baik berdialog berat sekarang asalkan bermanfaat bagi perbaikan diri. Berhenti menyalahkan faktor luar atas kegagalan yang kita alami. Kitalah yang berperan paling besar dalam keberhasilan diri.

4. Evaluasi cara apa saja yang berhasil dan apa yang tidak
Catat masalah yang muncul di tahun ini dan bagaimana kita mengatasinya. Apa yang bisa kita evaluasi dan kembangkan di tahun 2023. Sebagian contoh diantaranya yaitu mendengarkan secara aktif, berpartisipasi dalam keterlibatan tim, belajar berkomunikasi yang lebih baik, lebih banyak terlibat dalam komunitas, merangkul keragaman dan menghargai pendapat alternatif.

5. Berikan apresiasi dan kewenangan pada orang lain
Siapa yang tidak suka pujian? dengan memberikan apresiasi, kita justru akan mendapatkan lebih banyak kebaikan. Cobalah untuk memberdayakan orang lain dan membiarkan mereka melakukan caranya sendiri. Dengan begitu kita akan mendorong orang lain untuk terus tumbuh dan meningkatkan kemampuan mereka.

6. Miliki support group atau sosok yang menjagamu untuk tetap on track
Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki tujuan yang sama. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendirian dan bisa saling menyemangati saat mulai jenuh. Kalian juga bisa saling mendukung dan merayakan keberhasilan bersama-sama.

Gimana, RUBI Gems? Apakah kamu sudah siap menyambut tahun 2023 dengan rencana baik? Silahkan share goals mu di tahun 2023 ya supaya kita bisa saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Nanti di akhir tahun bisa kembali buka postingan ini dan lihat apakah sudah tercapai. Wish you a meaningful year ahead!



RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Tips Membuat Planning yang Berhasil di Tahun 2023

Beri Komentar

Komentar

2 Komentar
1 tahun lalu

makasih minbi, sering-sering bikin artikel tentang tips yaa hehe^^

Reply

Thank youu tipsnya MinBi, semoga semua goalsku di tahun 2023 tercapai 😍

Reply