Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Empowerment / RUBI’s Safe Space, Hadir Mendengarkan Kata Hati Kamu

RUBI’s Safe Space, Hadir Mendengarkan Kata Hati Kamu

Diunggah 05 May 2023

RUBI

Content Creator RUBI

RUBI’s Safe Space, Hadir Mendengarkan Kata Hati Kamu

Safe space adalah tempat yang memberikan ruang kepada perempuan untuk pergi kemanapun dengan rasa aman. Melampaui keinginan berjalan, perempuan juga ingin aman dalam mengikuti kata hati, mendapatkan informasi dan mendapatkan perilaku setara. Sayangnya, rasa aman ini seringkali terhimpit  karena masyarakat yang masih memberikan rasa takut. Merasa terbatas karena perasaan tidak layak, ditekan dan didiskriminasi hanya boleh dirasakan sendiri. 

Menggandeng keresahan atas rasa takut, RUBI community menghadirkan safe space bagi para perempuan untuk menjamin rasa aman bahkan sejak mereka keluar dari rumah mereka. Bersama RUBI, kami mendukung para perempuan untuk mengejar akses pendidikan, informasi dan mendapatkan layanan yang setara.

Rasa aman untuk Mendengarkan Kata Hati

Banyak dari kita mendengar bahwa lemahnya motivasi bisa jadi karena kita yang kurang berusaha. Namun dari kita juga sudah sangat memahami bahwa stereotip ini dibuktikan dengan salah. Lalu apa fakta ini memberikan kesempatan perempuan untuk bercerita apa adanya? Sayangnya, sudut pandang baru ini masih dalam proses yang belum kunjung melegakan.

Siapa yang bertanggung jawab atas belum percayanya perempuan terhadap masyarakat? Perasaan tidak layak, putus asa dan tidak ingin terbuka bak lingkaran yang dilekatkan pada kepala di setiap langkah yang dijalani. Disini, RUBI community tidak ingin kamu merasa sendirian. Kamu bisa selalu datang bercerita dengan kapasitas kesiapan yang kamu pilih.

Rasa Aman untuk Bertemu dengan Pendengar

Keinginan untuk memulai bukanlah hal yang mudah. Mencoba membuka diri bahkan sesederhana mengikuti kata hati seringkali dibatasi oleh perasaan takut bahwa perempuan yang berbeda akan dicap buruk oleh masyarakat. 

RUBI community justru mengapresiasi setiap perempuan yang jujur pada dirinya. Perempuan yang mengikuti kata hati dan percaya bahwa apa yang dia lakukan benar. RUBI Community adalah tempat kamu bisa didengar dan berbagi pengalaman dengan rasa aman.

Rasa Aman untuk Setara

Safe space juga hadir sebagai pengingat bahwa apapun aktivitas yang dijalani, kamu tidak sendirian. Perempuan memiliki hak untuk mendapatkan tempat berteduh, bercerita dan mengekspresikan diri. Semuanya itu ia dapat melalui safe space yang disediakan oleh ruang publik. Bahkan, safe space haruslah menjadi tempat perempuan memperoleh kesetaraan baik dalam perlakukan sosial maupun perlakuan pendidikan. 

RUBI Community merupakan sebuah komunitas yang hadir mendukung siapapun yang ingin mengikuti kata hatinya. Melalui suara-suara yang hadir, kamu boleh bercerita dan punya hak untuk didengar. Bergerak sebagai safe space, kamu diapresiasi untuk memulai hal baru dan mengekspresikan diri apa adanya serta terus bertumbuh dengan perlakukan setara.

RUBI Community, selalu mendengar cerita dan mimpi perempuan Indonesia dengan memandang bahwa perasaan aman, perasaan didengar dan perasaan bahagia adalah hak nyata yang dimiliki perempuan tanpa perlu dibatasi. 

Kami ingin mengiringi jalan para perempuan. Memberikan kebebasan untuk memilih, lebih mengenal diri  dan menciptakan ruang yang apabila perempuan datang didalamnya ia merasakan aman. 

Mendukung cita-cita ini, kamu bisa bercerita pada RUBI pada tanggal 16 Mei 2023. Ini merupakan salah satu langkah kami untuk menyediakan tempat konseling bagi perempuan. Sebuah safe space yang diberikan sebagai wujud apresiasi atas diri perempuan Indonesia yang sudah berani untuk memilih.
RUBI Community adalah pengingat bahwa kamu tidak sendirian. RUBI bisa menjadi safe space dan kamu selalu bisa bercerita dengan kapasitas kesiapan yang kamu izinkan.

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

RUBI’s Safe Space, Hadir Mendengarkan Kata Hati Kamu

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar

Delia Julianti Sholeha

[email protected]
1 tahun lalu

Perempuan itu adalah perempuan terkuat di seluruh di masyarakat Indonesia dan terkadang punya hati selalu di jaga. perasaan orang lain atau perasaan pasangan sendiri. nah itu lah perempuan yg sangat kuat dan hebat Masya Allah.

Reply