Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Empowerment / Menjadi Perempuan Cantik Bersama Kartini

Menjadi Perempuan Cantik Bersama Kartini

Diunggah 27 April 2023

RUBI

Content Creator RUBI

Menjadi Perempuan Cantik Bersama Kartini

Bulan April lekat dengan bulan Kartini. Bersama dengan kepercayaan beliau terhadap kesetaraan, Kartini yakin bahwa kesempatan untuk memilih bagi perempuan perlu dihargai serta diapresiasi. Inilah makna menjadi perempuan cantik bersama Kartini. Yaitu, mendukung perempuan untuk setara dalam mengejar pilihannya.

Ada kesempatan untuk bangkit dan membuktikan bahwa ketika yang dilakukan benar maka semua pilihan dapat digapai. Maka, inilah bulan yang menjadi diary kamu untuk mengingat kembali nilai-nilai yang berharga.

Perempuan Cantik yang Boleh Mandiri

Mandiri adalah ketika kamu terbangun dan merasa bebas untuk memilih. Mandiri bukan berarti tidak membutuhkan orang lain, melainkan sebuah inisiatif untuk mengatur tanggung jawab terhadap diri dan orang lain. 

Menjadi perempuan cantik yang boleh mandiri artinya boleh memilih apa yang menurut kamu benar tanpa dituntut. Sebagaimana kesetaraan yang dilontarkan oleh Kartini, perempuan dimanapun harusnya memiliki kebebasan untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Ada kesetaraan dalam memilih. Apabila perempuan ingin memilih antara keluarga atau keinginan bekerja, maka perempuan bisa memilih keduanya. Hal ini karena peran perempuan memiliki nilai yang lebih luas dari sekedar dituntut untuk satu pilihan.

Perempuan yang Ingin Mengejar Pengetahuan

Pengetahuan yang luas dapat ditemukan di seluruh pojok jalan yang dilewati. Mulai dari bangun tidur, melalui gang-gang sempit bahkan sampai ke perjalanan pulang sambil menggendong buah hati yang tertidur pulas. Perempuan yang memiliki banyak pertanyaan selama melewati jalan yang ia telusuri harus di apresiasi. 

Sayangnya, banyak menganggap perempuan sebagai sosok yang belum perlu berpengetahuan tinggi-tinggi. Perempuan merasakan hambatan akan penerimaan sosial apabila menunjukan diri. Lalu ada diskriminasi sosial maupun labelling tidak layak karena menjadi berbeda dari stereotip sosial. 

Padahal, setiap pengetahuan berawal dari rasa ingin tahu. Pertanyaan yang muncul pada gang-gang sempit yang sering dilewati, bak menunjukan bahwa rasa ingin tahu tiada batasnya. Ada pengetahuan yang selayaknya diizinkan dan dibolehkan untuk dijelajah lebih luas dari sekedar hamparan mata. 

Apabila keinginan untuk mengejar pengetahuan ini dihambat, maka kesempatan memilih untuk perempuan juga sirna. Tiada yang salah untuk mengungkapkan pendapat dan pengetahuan sebagai pilihan.

Perempuan yang Mendukung Sesama Perempuan

Mengetahui bahwa perempuan belum mendapatkan pendidikan yang setara, Kartini memanfaatkan privilege beliau untuk membangun sekolah perempuan pribumi. Melalui kepercayaan Kartini terhadap yang dia lakukan benar, peringatan ini pun dekat dengan sikap-sikap pada diri Kartini yang didorong untuk terus ada pada jiwa setiap perempuan, yaitu saling mendukung.

Seberapa banyak kamu memendam perasaan untuk mengatakan yang menurut kamu benar? Perlahan hilangkan bayangan rasa takut. Tampil sebagai perempuan yang berbeda. Kamu adalah sosok yang paling paham terhadap diri kamu. Melalui kepercayaan diri yang pelan-pelan dipupuk, kamu bisa menyuarakan suara perempuan lainnya.

Seorang perempuan dapat menginspirasi perempuan lainnya. Melalui RUBI Community, kami ingin berjalan bersama perempuan Indonesia untuk membangkitkan rasa percaya diri yang diberikan dari satu perempuan ke perempuan lain. 

RUBI ingin menjadi sahabat yang menganggap pilihanmu sebagai yang terbaik. Memfasilitasi rasa ingin tahu kamu melalui suara yang disampaikan. Lalu, mendukung jalan yang kamu tempuh dengan percaya sepenuhnya.

Sekarang, apakah kamu siap untuk menyuarakan rasa ingin tahu kamu? Apa kamu siap untuk mendukung perempuan lainnya juga? Apakah kamu siap berjalan bersama RUBI Community?

RUBI

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 23 June 2023

Menjadi Perempuan Cantik Bersama Kartini

Beri Komentar

Komentar

1 Komentar

Azzuhra nafisa

[email protected]
1 tahun lalu

Mau daftar tapi gak bisa registernya

Reply