Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Entertainment / Mencoba Capsule Wardrobe yang dekat dengan Sustainability dan Minimalism

Mencoba Capsule Wardrobe yang dekat dengan Sustainability dan Minimalism

Diunggah 19 June 2024

RUBI Community

Content Creator RUBI

Mencoba Capsule Wardrobe yang dekat dengan Sustainability dan Minimalism

RUBI Gems, pernah mendengar tentang capsule wardrobe? Secara sederhana capsule wardrobe adalah jenis pakaian yang timeless dan mudah di mix and match satu sama lain. Salah satu contohnya, pakaian dengan warna netral. 

Selain itu, capsule wardrobe juga memiliki makna “lemari” yang bisa diartikan sebagai kumpulan pakaian yang terdiri dari puluhan pakaian, aksesoris, sepatu, tas untuk bisa dipadupadankan. Misalnya, capsule wardrobe bisa berisi 30 sampai 50 pakaian warna netral yang terdiri dari atasan, bawahan, outerwear, dress, sepatu, dan aksesoris yang mudah dipadupadankan.

Capsule Wardrobe yang Dekat dengan Sustainability dan Minimalism

Menariknya, capsule wardrobe ini dekat dengan sustainability dan minimalism. Sustainability adalah sebuah gaya hidup yang mengedepankan penggunaan barang hingga habis pakai secara bertanggung jawab. Memilih pakaian yang timeless tandanya kamu berupaya untuk menggunakan barang secara maksimal tanpa sering berbelanja fast fashion. Akhirnya, kamu pun bisa berkontribusi pada pengurangan sampah limbah pakaian.

Selain itu, dengan capsule wardrobe, kamu juga secara tidak sadar sedang menjalankan minimalism. Minimalis yaitu menggunakan pakaian dengan bahagia melalui eliminasi dan audit pakaian. Audit, yaitu menyimpan pakaian yang menimbulkan kebahagiaan dan eliminasi adalah  pakaian yang tidak lagi menimbulkan kebahagiaan.  

Dengan gaya hidup minimalism, eliminasi membuatmu bertanggung jawab atas pakaian. Fokus pada kualitas dibandingkan kuantitas.  Gaya hidup minimalism pun menyumbang dampak baik pada sustainability. Yaitu sama-sama mengurangi konsumsi pakaian dan bertanggung jawab atas pakaian hingga maksimal penggunaan. 

Bagaimana Cara Memulai Capsule Wardrobe?

Sebenarnya tanpa sadar kamu pasti telah melakukan capsule wardrobe. Namun, untuk lebih menekankan capsule wardrobe yang dekat dengan sustainability dan minimalism, berikut ini cara memulai capsule wardrobe.

1. Mengelompokan Outfit yang Sering Kamu Pakai

Cara pertama untuk memulai capsule wardrobe adalah mengenal eliminasi dan audit. Pertama, kumpulkan baju yang paling sering digunakan. Kedua, pilih baju dengan warna netral bisa digunakan untuk acara formal dan casual. 

Kedua cara diatas bisa membantumu menemukan mana pakaian yang memang memancarkan kebahagiaan dan mana pakaian yang ternyata lama tidak digunakan. Ketika kamu selesai eliminasi dan audit, selanjutnya kamu bisa mengembalikan pakaian paling nyaman kamu ke lemari dan mendonasikan pakaian yang lama tidak digunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengenal gaya berpakaian kamu lebih baik.

2. Memadukan Warna Netral

Kunci dari capsule wardrobe adalah kamu perlu memiliki warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan warna earth tone. Setiap kali kamu melakukan mix and match, kamu bisa memadukan warna netral ini dengan satu warna yang paling pop up.

Misalnya, kamu menggunakan dress berwarna putih yang dipadukan dengan baggy jeans berwarna blue denim. Maka selanjutnya kamu bisa menggunakan tas atau sepatu dengan warna yang lebih berani seperti merah atau kuning. 

3. Mengetahui Acara Tempat Kamu Pergi

RUBI Gems, penting untuk mengetahui tujuan kemana pakaianmu dipakai. Pertimbangkan acara-acara yang kamu hadiri entah karena memiliki dress code sendiri atau mengukur seberapa casual kamu bisa bebas bergaya. Misalnya, kamu menggunakan perpaduan kemeja saat bekerja dan menggunakan dress untuk acara farewell party. 

RUBI Gems, capsule wardrobe itu bukan hanya sekedar pakaian. Melainkan juga menyangkut kaos kaki, sepatu, tas, dan aksesoris. Menarik untuk tahu bahwa langkah paling pertama melakukan capsule wardrobe adalah melakukan eliminasi dan audit pakaian. 

Lewat eliminasi dan audit, kamu menyimpan pakaian yang gayanya kamu banget, lalu preloved pakaian yang tidak lagi sesuai dengan kamu. Tanpa kamu sadari, upaya eliminasi dan audit ini dekat dengan gaya hidup minimalis dimana minimalism juga dekat dengan pola hidup sustainability. 

Melakukan capsule wardrobe bukan hanya bermanfaat untuk kamu, melainkan juga untuk orang lain, dan juga lingkungan. RUBI Gems, apakah kamu tertarik untuk melakukan capsule wardrobe?

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Mencoba Capsule Wardrobe yang dekat dengan Sustainability dan Minimalism

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.