Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Entertainment / Bagaimana Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Terukur?

Bagaimana Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Terukur?

Diunggah 29 December 2023

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bagaimana Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Terukur?

Resolusi tahun baru merefleksikan rasa ingin bangkit dan kepercayaan bahwa diri kita juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih semua mimpi yang ada di dunia. Meskipun demikian, jangan sampai resolusi tahun baru justru masuk dalam cakupan tidak terukur yang pencapaiannya sulit untuk diraih dan dibandingkan..

Apa itu Resolusi Tahun Baru?

Kata resolusi tahun baru mungkin sudah sangat lekat dengan kita ketika membicarakan mengenai tahun baru. Resolusi tahun baru adalah komitmen yang dibuat dari diri sendiri dan untuk diri sendiri. Tujuannya, supaya hidup di masa depan bisa mengarah pada perubahan positif.

Sebuah resolusi tahun baru yang baik adalah yang terukur dan realistis. Ini memudahkan seorang individu untuk membangun kebiasan-kebiasaan kecil untuk meraih pencapaian tersebut. 

Salah satu contoh resolusi tahun baru yang terukur dan realistis misalnya yaitu mempelajari bahasa baru sampai level intermediate. Supaya bisa mencapai tujuan ini kamu bisa mengerucutkan kebiasan-kebiasaan kecil, seperti belajar 2 jam per hari, mendengarkan podcast berbahasa baru setiap pagi, mengerjakan soal latihan tiga kali seminggu, dan lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Terukur 

Melihat dari contoh resolusi tahun baru yang terukur diatas, tentunya menjadi semakin mudah untukmu bisa mencapai hal tersebut. Namun, karena ini juga bukan hal yang mudah, maka untuk membantumu memiliki resolusi tahun baru yang tepat ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti :

Melakukan Refleksi Diri, Apa yang Kamu Butuhkan?

Di dunia ini yang terpenting adalah diri kita sendiri. Membuat resolusi tahun baru yang realistis itu menjadikan diri sendiri sebagai tolak ukur, bukan orang lain. Oleh karena itu, tujuan masa depan kamu haruslah personal dan mengikuti kebutuhan diri. 

Coba ambil kertas dan tuliskan apa kelebihan dan kelemahanmu dalam bentuk list. Kalau kamu kesulitan, maka coba tulislah perasaanmu ketika melalui pengalaman yang memorable. Disitu akan terlihat apa yang membuat kamu suka dan pengalaman yang kamu tidak suka. 

Dengarkan dan Terima Apapun Perasaanmu 

Bukan hal yang mudah untuk bisa menggambarkan sebuah perasaan, apalagi kelemahan. Satu tips dari Minbi, cobalah untuk mengeluarkan setiap perasaanmu mirip seperti anak kecil yang tidak punya kewajiban untuk memikirkan perasaan dunia. 

Coba tanyakan pada dirimu, apa yang sering membuatmu murung? Apa yang kamu ingin bisa lakukan? Ketika kamu jujur dan menerima perasaan ini, kamu bisa menemukan hal-hal yang bisa menjadi jalan keluar. Lalu, kamu bisa mulai meniti langkah-langkah kecil untuk mencapai jalan ini.

Mulai Rancang Solusinya Lewat Langkah Kecil

Walaupun kecil dan sederhana, yang terpenting adalah konsistensi. Setelah menerima emosi yang kita rasakan, segala kekurangan, dan kelebihan diri, maka selanjutnya adalah berdamai.

Mencobalah berdamai dengan move on dan merincikan hal-hal yang bisa membantumu untuk lebih baik. Misalnya, apabila resolusimu ingin lebih percaya diri untuk berbicara di depan kelas, maka mulailah mencari nama-nama komunitas atau online learning dengan visi misi yang sama. Kamu selalu punya waktu untuk mempersiapkan diri mengikuti hal yang berbeda, termasuk untuk bertemu dengan orang baru.

Sempurnakan dengan Metode SMART

Untuk memiliki resolusi tahun baru yang realistis dan terukur, kamu bisa menggunakan metode SMART yang merupakan singkatan dari Specific (spesifik), Measurable (bisa diukur), Achievable (mudah dicapai), Relevant (relevan dengan tujuan pribadi, dan Time-Bound (memiliki batas waktu). 

Secara lebih detail, dibawah ini adalah contoh penerapan metode SMART dalam membuat resolusi tahun baru. Apabila tujuan tahun depanmu adalah bisa menurunkan berat badan dengan lebih ideal, maka :

  • specific, pilih “aku ingin memperhatikan kalori yang masuk hingga 2100 kalori” bukannya “aku ingin makan lebih sedikit”
  • measurable, pilih “aku ingin berat badanku turun 5 kilogram” bukannya “aku ingin kurus”
  • achievable, cobalah ikut menjadi member gym atau menghabiskan 30 menit setiap hari untuk olahraga.
  • relevant, pilih olahraga yang cocok dengan badanmu, misalnya kamu bisa pilih olahraga Kardio dibandingkan Weight Training.
  • time-bound, raihlah tujuanmu pelan-pelan. Misalnya, menurunkan berat badan 1-2 kilogram pada satu bulan tentunya lebih sehat dibandingkan ekstrim menurunkan 5 kilogram dalam 1 bulan.

RUBI Gems, resolusi tahun baru adalah komitmen yang dibangun untuk diri sendiri dengan harapan bisa berubah menuju arah yang positif. Meskipun demikian, jangan sampai resolusi ini justru menjadi beban untukmu. 

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing dan cara terbaik untuk menemukan resolusi tahun depan adalah dengan refleksi lalu mengukurnya dengan diri sendiri, bukan orang lain. Kalau kamu, apa resolusi kamu di tahun 2024? Selamat menyambut tahun baru dengan harapan baru, RUBI Gems.

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Bagaimana Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Terukur?

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.