Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Mental Health / Menjawab Apa itu Quarter Life Crisis, Lewat RUBI Course Bareng Ibunda.id

Menjawab Apa itu Quarter Life Crisis, Lewat RUBI Course Bareng Ibunda.id

Diunggah 09 October 2023

RUBI Community

Content Creator RUBI

Menjawab Apa itu Quarter Life Crisis, Lewat RUBI Course Bareng Ibunda.id

RUBI Gems, apa kamu sering mencari jawaban dari apa itu quarter life crisis? Sebagai individu yang menginjak usia seperempat abad, krisis ini terjadi pada 86% orang di seluruh dunia. Betul, kamu nggak sendirian kok merasakan hal ini.

Lalu, quarter life crisis itu apa sih? Kenapa hal ini terjadi pada kita sedangkan orang-orang yang terlihat di social media kelihatannya happy aja? Seluruh pertanyaan ini terjawab lewat RUBI Course ketiga yang mengangkat tema How to Deal with Quarter Life Crisis bersama Kak Syifa Zunuraina dari Ibunda.id

Apa itu Quarter Life Crisis?

Menepati Hari Mental Health Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, RUBI Community menghadirkan RUBI Course ketiga untuk para RUBI Gems yang mengalami quarter life crisis. Bekerja sama dengan Ibunda.id, ada kak Syifa Zunuraina yang mengisi acara untuk berbagi insight dan cara menghadapinya.

Quarter life crisis adalah krisis yang terjadi ketika individu masuk usia dewasa awal. Ada perasaan khawatir dan cemas karena memikirkan tentang masa depan yang belum pasti. 

Walaupun quarter itu bisa disamakan dengan usia 25 tahun, namun faktanya krisis ini bisa masuk mulai di umur 18 atau bahkan 30. Kok bisa terjadi pada usia ini? Yepp, inti dari quarter life crisis adalah tuntutan untuk melakukan eksplorasi diri di usia dewasa awal. Disini muncul tugas perkembangan baru, eksplorasi baru yang menuntut individu untuk hidup mandiri. Akhirnya, ditengah kebingungan ini muncul rasa cemas dan takut mengambil keputusan.

Kebingungan pada quarter life crisis sering berkaitan dengan hubungan dengan orang lain, finansial, pekerjaan, dan sekolah. Hal ini bisa terjadi karena ada ekspektasi sosial terhadap individu. Misalnya,umur 25 harus sudah menikah, usia 30 harus sudah memiliki satu anak, dan ekspektasi lainnya.

Belum lagi tuntutan tanggung jawab karena sudah beranjak dewasa. Misalnya, tanggung jawab menjaga keluarga yang bisa disebut sebagai sandwich generation

Penyebab Quarter Life Crisis adalah Fear of Missing Out atau FOMO

Fear of Missing Out (FOMO) adalah rasa cemas atau tidak nyaman karena orang lain punya pengalaman menyenangkan, dan bermanfaat. Rasa ini membentuk rasa takut karena rentan dengan perbandingan sosial. Yaitu, membandingkan kekurangan diri dengan individu di media sosial yang diikuti.

Media sosial sangat berpotensi untuk memicu FOMO karena kita bisa melihat sisi terbaik kehidupan orang lain dan membandingkan langsung ke diri sendiri. Ada akses yang luas untuk melihat kebahagiaan orang yang menjadi pemicu quarter life crisis jadi lebih buruk.

Namun RUBI Gems, membandingkan social media orang lain, membandingkan sisi terbaik orang dengan sisi buruk yang kita miliki sebenarnya perbandingan yang nggak adil. Kita melihat sukses tanpa melihat perjuangan yang kalau kita ditempatkan disitu mungkin kita akan kesulitan. 

Kabar baiknya, quarter life crisis itu merupakan sebuah perjalanan yang bisa dicari jalan keluarnya. Walaupun kita banyak membicarakan efek negatif dari quarter life crisis namun adanya krisis ini mendorong motivasi yang baik pada diri. 

Lewat quarter life crisis seorang individu bisa memecahkan masalah yang diuji dan lebih mengenal diri. Menjadi memahami nilai, tujuan dan muncul perasaan “menerima kekurangan” yang mendorong lebih baik ke depan. 

RUBI Safe Space Membantu Kamu Melewati Quarter Life Crisis

Krisis itu merupakan hal yang urgent, hal yang perlu kita atasi segera. Apabila krisis ini tidak dikelola dengan baik, bisa muncul emosi negatif yang memunculkan symptoms depresi. Misalnya memunculkan perasaan nggak berguna, enggan makan, lambat dalam bergerak, sulit fokus dan yang paling berbahaya adalah kehilangan makna hidup. 

Menggandeng tanganmu akan seberapa bahayanya krisis ini, MinBi ingin memberi tahu bahwa krisis seperempat abad bisa dicari jalan keluarnya dan memiliki fase yang setiap tahapannya bisa membawa kita pada perjalanan menemukan yang baru. 

RUBI Safe Space adalah tempat kamu bisa mencurahkan seluruh kecemasanmu. Bersama psychologist partner dari RUBI Community, setiap batch dari RUBI Gems akan mendapatkan kuota kesempatan bertemu dengan ahli. Dengan kesempatan ini kamu bisa menghadiri RUBI Safe space sesuai tanggal yang ditentukan dan secara bersama kami menemani kamu untuk bisa melalui setiap tahapan quarter life crisis. 

RUBI Gems apakah kamu sudah bisa memahami apa itu quarter life crisis? Quarter life crisis dialami oleh hampir 86% orang diseluruh dunia, dan RUBI Community adalah pengingat bahwa kamu tidak harus melaluinya sendirian. RUBI safe space hadir untuk kamu bisa bercerita dengan kapasitas kesiapan yang kamu izinkan. Tentunya, dengan ahli dibidangnya, seluruh perasaan vulnerable kami rangkul secara valuable

Kalau kamu, apakah sudah siap untuk memeluk perasaan vulnerable kamu bersama RUBI Safe Space?

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Menjawab Apa itu Quarter Life Crisis, Lewat RUBI Course Bareng Ibunda.id

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.