Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Inspiration / Cerita Inspiratif Kak Ani Memulai Bisnis Jastip Bangkok

Cerita Inspiratif Kak Ani Memulai Bisnis Jastip Bangkok

Diunggah 18 October 2024

RUBI Community

Content Creator RUBI

Cerita Inspiratif Kak Ani Memulai Bisnis Jastip Bangkok

RUBI Gems, memiliki ketertarikan pada dunia bisnis membutuhkan proses dan kesediaan untuk beradaptasi dengan keadaan. Termasuk menghadapi hari demi hari dengan kata belajar. 

Ini juga yang dilakukan oleh Kak Ani Mulyani, RUBI Ambassador dari pillar entrepreneurship yang bercerita tentang bisnis Jasa Titip Bangkok miliknya. Ada banyak sekali ilmu tak terhingga dia temukan. Hal-hal yang kemudian membuat Kak Ani belajar bahwa tiga faktor utama dalam memulai bisnis adalah ilmu, relasi dan konsistensi. 

Entrepreneurship Menurut Kak Ani 

Sebagian memahami kalau entrepreneurship itu sama dengan pengusaha. Padahal, keduanya berbeda. Kak Ani menggunakan ungkapan ini sebagai makna melihat dunia lebih luas, yaitu bukan sekedar tentang cuan tapi bagaimana seorang individu itu mampu mengatur sumber daya manusia di dalam suatu bisnis itu sendiri. 

Aku belajar, pengusaha dan entrepreneurship punya makna beda. Entrepreneurship tuh gak cuma keuntungan tapi bisa memanfaatkan SDM yang ada. Kalo punya tim bisnis itu harus diusahakan bisnisnya dan SDM di dalamnya.” Lengkap Kak Ani 

Keinginan Berbisnis Perlu Diimbangi dengan Ilmu 

Perlu waktu sampai enam bulan lamanya bagi Kak Ani mempersiapkan bisnis Jasa Titip Bangkok. Selama waktu-waktu tersebut, ada upaya untuk menyatukan personal interest dan keinginan untuk keluar dari zona nyaman. 

Menariknya, Kak Ani adalah individu yang suka jalan-jalan ke luar negeri. Lalu ketertarikan ini dia jait dengan momentum lulus kuliah yang saat itu mendorongnya untuk eksplorasi pada dunia bisnis. Satu yang menarik perhatian Kak Ani adalah satu orang teman yang bekerja di industri kargo dan melakukan perjalanan ke Bangkok sampai dua kali sebulan. 

Kak Ani berinisiatif untuk memulai obrolan-obrolan kecil, dimana ini justru mengantarkan Kak Ani pada relasi yang lebih luas. Dia mulai dikenalkan dengan jastiper Bangkok yang telah memiliki bisnis jauh lebih lama, diajak ke tempat-tempat belanja di Bangkok, lalu belajar tips bernegosiasi dengan penjual lokal dari relasi yang dia temui.

“Selama setengah tahun Januari-Juni itu kita cuma ngeliat temen dulu yang dikenal di Bangkok. Udah dapat ilmu, Juni itu nekat mau mulai. Nyiapin akun, nyiapin hal yang perlu diketahui, komunikasi sama penjual, timbangan, harus tau harga kargo. Pas nyampe sana ada suhu yang kasih tau lokasi ini disini, lokasi itu apa. Itu mulai ngelive nawarin akun-akun.” Kak Ani mempersiapkan peralatan dan konten-konten berkaitan dengan Jasa Titip Bangkok miliknya. 

Pesan dari Kak Ani untuk RUBI Gems yang Baru Memulai Usaha 

Ada tiga hal yang bisa coba dilakukan Kak Ani dalam memulai bisnis. Pertama, kesediaan untuk melatih diri dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Termasuk bergabung dengan beberapa komunitas berfokus pada bidang yang kita minati. 

Menurut Kak Ani, “Yaudah mulai yuk, gak akan menghasilkan kalau belum mulai ilmunya, relasinya. Ilmu dari RUBI itu sangat berguna bikin konten viral. Waktu itu viral reality show dari salah satu lembaga belajar, ada salah satu pesertanya yang bawa boneka capybara, akhirnya bikin konten boneka capybara terus jadi banyak yang order, kira-kira 100 orang, sampai kelabakan.” 

Kedua, relasi. Semakin banyak pengalaman yang kita temui, semakin banyak hal yang bisa kita pelajari. Selalu membuka diri pada pertemuan-pertemuan kecil dan inisiatif untuk memulai obrolan bisa mengantarkan kamu mengenal lebih banyak orang. 

Ketiga, konsistensi. Membiasakan diri dengan hal-hal baru memang membuat bisnis kita bisa menjangkau lebih banyak audiens. Namun, jangan sampai hal ini mempengaruhi kita jadi mengubah identitas. Lihat kembali tujuan awal kita memulai dan menjadi konsisten dengan hal itu. 

“Untungnya ketemu temen yang ayo gerak karena bisnis siap mental, cape, siap boncos siap balik modal, siap banyak hal hal baru baik orang ngedeket orang ngejauh. Siap unpredictable. Pelan pelan dijalanin kalau mau buka usaha, kalau nggak siap siap kapan mulainya. Jangan lupa untuk mengenal diri sendiri, harus tau ilmunya.” 

Memulai Usaha dengan Ilmu dari RUBI Entrepreneurship Course 

RUBI Gems, membuka bisnis Jasa Titip Bangkok menjadi ide bisnis yang Kak Ani mulai pada tahun ini. Lewat interest, perencanaan dan keinginan untuk keluar dari zona nyaman, butuh waktu sampai enam bulan bagi Kak Ani akhirnya bergelut pada dunia bisnis yang dia ingin tekuni. 

Kak Ani berbagi, bahwa menjadi bagian dari RUBI Community jadi salah satu ilmu yang sangat membantu dalam memahami dunia content creator. Faktanya, lewat tips membuat konten yang dibagikan, hal ini menyokong bisnis Kak Ani dengan pembuatan konten menarik seputar promosi bisnis. 

Kamu ingin memulai usaha tapi masih ragu? Jangan khawatir RUBI Gems~ Ada Entrepreneurship Course berjudul From Idea to Reality: Growing Your Entrepreneurial Spirit yang diisi oleh Kak Didiet Maulana, seorang Fashion Designer dan Entrepreneur coach yang bisa menjadi mentor kamu selama kelas berjalan. RUBI Course ini akan diadakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 pukul 19.00 – 21.00 secara gratis. 

Tunggu apa lagi? Yuk tandain kalender kamu untuk mengikuti kelas ini, RUBI Gems!

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Cerita Inspiratif Kak Ani Memulai Bisnis Jastip Bangkok

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.