Ikuti event RUBI Community dengan mendaftarkan diri menjadi anggota RUBI, dapatkan hak istimewa, berdiskusi di komunitas, juga hadiah menarik dari RUBI.
Home/Inspiration / Tips Syauqi, RUBI Ambassador: Memulai Sustainability Melalui Langkah Kecil

Tips Syauqi, RUBI Ambassador: Memulai Sustainability Melalui Langkah Kecil

Diunggah 19 September 2024

RUBI Community

Content Creator RUBI

Tips Syauqi, RUBI Ambassador: Memulai Sustainability Melalui Langkah Kecil

RUBI Gems, sustainability adalah aksi berkelanjutan untuk menjaga kelestarian alam. Melalui makna ini, sustainability menjadi satu perhatian yang membuat orang merasa “berat” untuk memulai karena terasa sebagai gerakan yang begitu besar. Padahal, sustainability itu lebih sederhana. Sustainability itu bisa dimulai melalui hal-hal kecil yang diri kita bisa lakukan. 

Inilah cerita Kak Syauqi Salsabila, RUBI Ambassador di pilar Sustainability yang berbagi sudut pandang dia mengenai aksi bertanggung jawab yang bisa dilakukan anak muda dalam keseharian. 

Kesadaran Pada Sustainability Living

Kak Syauqi Salsabila adalah RUBI Ambassador sekaligus mahasiswa yang sekarang ini sedang aktif menyelesaikan tesis Magister yang berkaitan dengan business fashion. Sebagai anak muda yang familiar dengan regulasi business, Kak Syauqi telah berbagi pesan bahwa bisnis bukan sekedar tentang profit. Melainkan juga memikirkan bagaimana dampak bisnis kita kepada orang banyak. 

Perhatian Kak Syauqi pada sustainability begitu besar. Dia sendiri mengaplikasikan keseriusannya dengan memulai kebiasaan-kebiasaan sederhana yang ternyata berdampak besar. Misalnya, seperti tidak membeli baju baru dan melakukan daur ulang botol bekas skincare. 

Uniknya, dengan menahan diri untuk tidak berbelanja, Kak Syauqi justru jadi menemukan sisi diri dia yang kreatif. Daripada membeli baju baru dan mengikuti trend fast fashion, Kak Syauqi justru memakai baju-baju dari nenek yang masih layak untuk dipakai. Selain itu, apabila Kak Syauqi merasa ingin memberikan ornamen dan sentuhan tambahan, maka dia akan berkreasi untuk menjahit baju-baju ini menjadi satu hasil karya yang baru. 

Hal yang sama terjadi pada daur ulang botol bekas skincare. Ada upaya untuk mengumpulkan botol-botol ini untuk digunakan kembali sebagai vas bunga. Bahkan, Kak Syauqi juga membawa kumpulan botol kosong ini ke organisasi pengelolaan sampah. 

Dua aksi diatas menjadi contoh sederhana, bagaimana aktivitas sehari-hari anak muda bisa berdampingan dengan aksi bertanggung jawab. Terlebih, sebagai Brand Ambassador, Kak Syauqi berharap dapat mengajak lebih banyak anak muda untuk ikut memulai. 

One Small Step Leads to a Bigger Step

Ajakan terbesar Kak Syauqi pada anak-anak muda adalah untuk memulai lewat hal apapun yang bisa dilakukan. 

Sustainability tidak seharusnya dilihat berat dan membuat orang lain merasa kesulitan. Satu cara yang Kak Syauqi tunjukan yaitu melakukan aktivitas sehari-hari, membagikan aksi bertanggung jawab yang Kak Syauqi suka lalu secara konsisten mengulanginya dengan harapan dapat memacu oleh anak-anak muda yang lain untuk memulai. 

Ada harapan di benak hati bahwa melalui kesadaran lingkungan yang tumbuh seperti rantai, gerakan sustainability dapat menjadi aksi kolektif yang memunculkan gerakan baru. Pertama, anak muda akan sadar dan menaruh perhatian. Kedua, anak muda akan memulai aksinya sendiri. Ketiga, anak-anak muda ini dapat berkumpul dengan kesamaan minat untuk saling bergerak dengan kerjasama lewat berbagai partner.

One small step, leads to bigger step. Aksi-aksi berkelanjutan harus dimulai dari diri sendiri tentang apa yang paling bisa dilakukan. Hal paling kecil dan hal paling sederhana secara perlahan akan mengantarkanmu menuju konsistensi dan gerakan yang lebih besar juga. Oleh karena itu, sertakanlah perhatian sustainability ini sebagai sebuah pilihan dalam keputusan-keputusan kita. Apa yang semula terlihat menumpuk, maka bisa secara perlahan dikelola, lalu dimanfaatkan. 

RUBI Gems, melalui cerita Kak Syauqi Salsabila, semoga rasa bertanggung jawab terhadap lingkungan menjadi hal yang terlihat lebih sederhana. Anak-anak muda bisa kok memulai kebiasaan baik dengan hal yang paling kecil. Satu yang terpenting adalah suka dengan apa yang kita lakukan, bangga dan selalu konsisten. 

Kalau kamu, ingin memulai aksi bertanggung jawab lewat apa dulu, RUBI Gems?

RUBI Community

Content Creator RUBI

Bergabung Sejak 26 June 2023

Tips Syauqi, RUBI Ambassador: Memulai Sustainability Melalui Langkah Kecil

Beri Komentar

Komentar

0 Komentar

Belum ada komentar untuk artikel ini.